search icon

Perintah dalam DOS (jawaban tugas TIK)

Halo selamat siang, yak seperti biasa jarang banget yang namanya ngeposting diblog maklumlahhh sibuk hahaha. Kali ini saya memposting tentang Perintah dalam DOS, ini sebenarnya hanya untuk menaruh jawaban pelajaran TIK sekolah saya saja biar nanti bisa saya tulis jawabannya, sekaligus bisa berbagi jawaban ke teman-teman juga siapa tau bisa membantu hahaha. Okedeh let's go kita ke topiknya saja.








Apa itu perintah dalam DOS ? Perintah DOS adalah perintah-perintah yang dapat dijalankan di dalam sistem operasi DOS. Dalam sistem operasi DOS, terdapat dua jenis perintah, yakni:
  • Perintah internal (internal command), yakni perintah-perintah yang telah dimasukkan ke dalam COMMAND.COM (interpreter perintah DOS), sehingga dapat langsung dieksekusi oleh kernel DOS, di mana saja.
  • Perintah eksternal (external command), yakni perintah-perintah yang tidak dimasukkan ke dalam COMMAND.COM, dan membutuhkan sebuah berkas yang dapat dieksekusi (berupa program DOS) yang harus terdapat dalam direktori aktif.

Nah, perintah dasar dalam DOS ada begitu banyak, inilah dia tabel yang terdapat perintah DOS.
PerintahJenis perintahKeterangan
ASSOCInternalMenampilkan atau memodifikas file extension associations.
BREAKInternalMengeset pengecekan penekanan tombol Ctrl+C atau menggagalkannya.
CD atauCHDIRInternalMengganti direktori aktif ke direktori lainnya yang ditentukan dalam parameter. Jika dijalankan tanpa parameter, maka perintah ini akan menampilkan lokasi di mana direktori aktif berada.
CHCPInternalJika dijalankan tanpa parameter, perintah ini akan menampilkan code page (kumpulan karakter) dalam bentuk angka yang sedang digunakan. Perintah ini juga dapat digunakan untuk mengganti code page untuk semua perangkat yang mendukung pergantian kumpulan karakter.
CLSInternalMembersihkan layar dan menempatkan kursor pada pojok kiri layar. Perintah ini tidak memiliki parameter.
COPYInternalMenyalin satu atau beberapa berkas dari satu lokasi ke lokasi lainnya yang ditentukan. Perintah ini memiliki dua parameter, yakni parameter sumber berkas dan tujuan ke mana berkas akan disalin.
CTTYInternalPerintah ini akan mengganti perangkat terminal (terminal device/tty) yang digunakan untuk mengontrol komputer.
DATEInternalPerintah ini akan menampilkan tanggal saat ini. Perintah ini juga dapat mengeset tanggal komputer.
DEL atauERASEInternalMenghapus berkas yang ditentukan dalam parameter. Parameter dapat berupa nama berkas atau beberapa nama berkas yang disusun menggunakan karakter wildcard.
DIRInternalJika digunakan tanpa parameter, perintah ini dapat menampilkan daftar berkas-berkas dan subdirektori yang terdapat di dalam direktori aktif. Berkas ini memiliki satu parameter, yakni lokasi direktori di mana hendak menampilkan daftar isi direktori.
EXITInternalKeluar dari shell COMMAND.COM sekunder dan kembali lagi kepada COMMAND.COM primer.
LH atauLOADHIGHInternalMemuat sebuah program ke upper memory block.
LOCKInternalPerintah ini mengizinkan akses langsung terhadap hard disk. Perintah ini hanya dimiliki oleh MS-DOS dalam Windows 95/98.
MKDIRatau MDInternalMembuat sebuah direktori dalam direktori aktif.
PATHInternalMenentukan di mana MS-DOS harus mencari berkas-berkas yang dapat dieksekusi sebagai program.
PROMPTInternalMengubah tampilan command prompt MS-DOS.
RMDIRatau RDInternalMenghapus sebuah direktori kosong. Akan gagal bila direktori tersebut mengandung berkas atau subdirektori lainnya. Gunakan perintah eksternalDELTREE untuk menghapus total sebuah tree direktori.
REN atauRENAMEInternalMengubah nama sebuah atau beberapa berkas (dengan menggunakan karakter wildcard).
SETInternalMenampilkan, menghapus atau mengeset variabel-variabel lingkungan. Umumnya, perintah ini dimasukkan ke dalam berkas AUTOEXEC.BAT.
TIMEInternalMenampilkan atau mengeset waktu saat ini.
TYPEInternalMenampilkan isi dari sebuah berkas (dalam bentuk teks) ke dalam standard output.
UNLOCKinternalMenonaktifkan akses hard disk secara langsung. Perintah ini hanya dimiliki oleh MS-DOS dalam Windows 95/98.
VERinternalMenampilkan versi sistem operasi yang digunakan.
VERIFYinternalMenyuruh sistem operasi agar melakukan verifikasi bahwa berkas-berkas yang ditulis ke dalam media penyimpanan telah sempurna ditulis, dan menampilkan status verifikasi. Perintah ini secara default dinyalakan oleh MS-DOS.
VOLinternalMenampilkan nama label dari sebuah volume atau partisi.
Mungkin, hanya ini yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan saya dalam postingan ini, mungkin jika ada pertanyaan anda bisa tanya saya saja dengan komentar siapa tau bisa membantu ^^ namun karena jarang banget lihat komentar ya silahkan invite BBM saya, pinnya : 59F98DD1. Sekian dari saya terimakasih atas kunjungan blognya dan SELAMAT BERAKTIFITAS ! ^^

SUMBER : https://id.wikipedia.org/wiki/Perintah_DOS

1 comments:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Copyright © 2013. Hanif Zahran - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger